Tips Untuk Ibu Menyusui Selama Bulan Puasa Ramadhan

Tips Untuk Ibu Menyusui Selama Bulan Puasa Ramadhan

Advertisement
puasa ibu menyusui bayi 3 bulan, hukum puasa bagi ibu menyusui eksklusif, membayar fidyah ibu hamil dan menyusui, ibu menyusui puasa bayi mencret, bolehkah ibu menyusui puasa senin kamis, puasa ibu menyusui fidyah, suplemen ibu menyusui saat puasa, batal puasa karena menyusui, menu puasa ibu menyusui, posisi menyusui, posisi menyusui yang benar sambil tidur, cara menyusui bayi baru lahir yang benar, video cara menyusui yang benar, cara menyusui anak, cara menyusui yang benar menurut who, cara menyusui yang baik dan benar, langkah-langkah menyusui yang benarlangkah-langkah menyusui yang benar, posisi menyusui yang benar agar bayi tidak tersedak.



Tetap tenang dan percaya diri

Ibu hendaknya tetap tenang beribadah dan percaya diri terus menyusui, jangan merasa khawatir ASInya akan berkurang, sebab rasa cemas tersebut justru akan menghalangi kerja hormon Oksitosin mengeluarkan ASI dari payudara, sehingga akan nampak seolah-olah ASI ibu berkurang. Ingatlah bahwa menyusui pun juga ibadah.

Perbanyak konsumsi cairan

mulai dari berbuka hingga sahur. Jika bisa minum air putih selama sehari itu sebanyak dua liter, ditambah dengan jenis cairan lainnya seperti juice buah, air madu dan susu. Minum segelas susu setiap sahur bisa mengurangi ancaman anemia bagi ibu hamil dan menyusui. Berbuka puasa dengan minum minuman hangat, akan merangsang kelancaran ASI bagi ibu menyusui.

Asupan menu dengan gizi seimbang

Ibu yang sedang menyusui memang membutuhkan tambahan sekitar 700 kalori perhari, 500 kalori diambil dari makanan ibu dan 200 kalori diambil dari cadangan lemak dalam tubuh ibu. Oleh karena itu, penting bagi ibu menyusui yang sedang berpuasa untuk tetap mempertahankan pola makan 3x sehari dengan menu gizi seimbang. Pada saat sahur, ketika berbuka puasa dan menjelang tidur sesudah shalat tarawih. Makan sahur akan menghasilkan energi yang berguna untuk aktivitas kita hari itu. Komposisi makanan dengan gizi berimbang akan menghasilkan sari makanan yang bagus untuk anak.

Istirahat yang cukup

Merasa lemas saat berpuasa itu hal yang lumrah, apalagi jika si ibu baru saja menyusuimenyusui. Cobalah untuk beristirahatlah sejenak, apakah dengan cara tidur atau sekadar relaks menenangkan pikiran. Perlu ibu menyusui ketahui, bahwa semakin sering payudara dihisap oleh bayi, maka produksi ASI akan semakin banyak. Jadi, bila selama puasa ibu tetap rajin menyusui, ASI akan tetap lancar.

Dan Berikut Manfaat Puasa Bagi Ibu Menyusui

1. Mencegah Terjangkit Penyakit

2. Sebagai Detoksifikasi Alami

3. Dapat Mengurangi Kadar Kalori

4. Dapat Menjaga Kesehatan Jantung

5. Menjaga Psikologis Ibu Menyusui

6. Meningkatan Sistem Imunitas

7. Mencegah Nyeri

8. Membantu Keseimbangan Anabolisme dan Katabolisme

9. Menurunkan Glukosa dan Berat Badan